Peran Orang Tua & Guru dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar


Penulis: Hendriana Sukarna Putra

Pendidikan merupakan suatu hal untuk merubah sikap dan tingkah laku seseorang dengan proses pendewasaan individu atau kelompok melalui suatu pengajaran dan pelatihan. Pendidikan sangatlah penting bagi individu, karena seseorang tidak akan mampu melakukan suatu hal tanpa diselingi dengan adanya suatu dukungan baik dari diri sendiri maupun dari orang lain.

Pendidikan diharapkan dapat mengambil bagian penting dalam mencerdaskan dan menanamkan nilai-nilai karakter yang baik pada anak. Pendidikan karakter dalam konteks pendidikan di Indonesia adalah pendidikan nilai-nilai luhur yang berdasarkan budaya bangsa Indonesia sendiri untuk mengupayakan membentuk dan membina anak menjadi generasi penerus bangsa (Uli, 2018).

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan kerjasama yang baik antara semua pihak dalam mendidik serta membimbing anak ke arah yang lebih baik. Karena pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, baik sekolah, orang tua, maupun guru.

Peran orang tua dan guru sangatlah penting dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak dan memiliki dampak terhadap pencapaian prestasi akademik maupun non akademik anak.

Sebagai orang yang meletakkan pendidikan dasar karakter anak, orang tua harus memiliki kepribadian yang baik, karena anak bagaikan kertas putih yang bisa dituangkan apapun, baik itu positif maupun negatif. Oleh karena itu, tugas orang tua adalah memperkenalkan karakter yang baik kepada anak. Mulai dari pembiasaan-pembiasaan sederhana di rumah sampai pada bagaimana berperilaku dengan orang lain.

Selain orang tua, guru juga memiliki peran yang sangat menentukan perilaku atau karakter anak di sekolah. Guru lebih mengutamakan perbuatan dalam menanamkan nilai pendidikan karakter (learn to do), sehingga guru juga ikut terlibat di dalamnya. Sebagai orang yang ditiru, guru harus memiliki sikap yang baik, sopan dalam berbicara, dan memiliki sikap toleransi yang tinggi. Hal ini dikarenakan tugas guru bukan hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi juga mengubah dan membentuk karakter anak, sehingga memiliki budi pekerti yang luhur dan berkarakter.

Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran dan tanggung jawab dari semua orang tua dan guru dalam bersikap, berbuat, dan bertutur kata yang baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan karakter anak berada ditangan orang tua dan guru sebagai pendidik dan memberikan teladan yang berkarakter, sebab keduanya dijadikan sebagai “bahan ajar” dalam bersikap dan berkepribadian. Selain itu, orang tua dan guru sangat diharapkan memberikan energi positif kepada anak sehingga menjadi manusia yang cerdas dan berkarakter.

1 Comments